Pada kesempatan kali ini Law Connection mengusung tema “Skill Needed In The Legal Field” dengan pembicara Wakil Ketua DPR RI, M Aziz Syamsudin. Acara ini dipandu oleh Donan Abbad Abdullah selaku moderator dan pengurus dari Law Connection.

Sesi diskusi kali ini membahas tentang pengalaman karir beliau serta bocoran skill- skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa hukum untuk melakukan konstribusi nyata di lingkungan masyarakat dan bangsa.

Beliau memaparkan tentang pengalaman karirnya serta suka dan duka menjadi seorang anggota dewan. menurut beliau, menjadi sarjana hukum itu merupakan kebutuhan, karena bagaimanapun juga semua bidang akan membutuhkan yang namanya ilmu hukum. Oleh karenanya ketika menginginkan sukses dalam satu bidang maka harus juga bisa ilmu hukum.  Pernyataan tersebut membuat para audiens merinding dan bangga karena profesi hukum menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan untuk saat ini. Beliau menyatakan banyak tantangan yang dilakukan dalam berkarir, maka kuncinya bagaimana kita menilai sesuatu yang berbeda dari sesuatu yang dinggap buruk secara umum. Dari pernyataan-pernyataan yang beliau sampaikan ini memiliki inti apapun problematika hidup yang sedang dijalani kita, khususnya sebagai mahasiswa hukum harus selalu menilai sesuatu dengan positif agar kita dapat berkembang.

Selain itu, beliau turut memaparkan bahwa skill-skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa hukum diantaranya adalah kemampuan dalam menganalisa, berpikir kritis, negosiasi, dan skill yang sesuai dengan cita-cita yang diminati oleh masing-masing mahasiswa/i. Artinya jika disederhanakan, skill itu akan menyesuaikan tujuan yang akan dicapai oleh mahasiswa. Oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk memiliki visi misi/tujuan dalam berakademisi yang kemudian actionnya adalah pencarian skill untuk mengimplementasikan visi misi/tujuan yang telah mereka buat.

Dalam webminar ini, beliau juga menyarankan agar para mahasiswa/i memiliki minat untuk berkarir di dunia politik, dengan alasan bahwa politik merupakan pekerjaan yang mulia karena mewakili hak-hak rakyat untuk mengusulkan apa-apa yang didoakan dan diharapkan oleh rakyat, maka dari itu pekerjaan dalam bidang politik dapat mendapatkan nilai positif untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Webinar kali ini sangat memotivasi banyak peserta dan menambah pengetahuan peserta seputar dunia hukum serta segala sesuatu yang harus dimiliki oleh mahasiswa hukum saat ini. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme peserta selama webinar berlangsung.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *